Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 17/09/2018 15:43 WIB

Sosialisasi Tilang Elektronik di DKI Dinilai Kurang Efektif

Salah seorang pengendara ditilang polisi
Salah seorang pengendara ditilang polisi
JAKARTA, DAKTA.COM - Pengamat lalu lintas Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch, Edison Siahaan menilai sosialisasi sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik yang diujicobakan pada Oktober masih kurang efektif.
 
"Seharusnya upaya penindakan tilang elektronik juga disertai sosialisasi atau kegiatan lain yang bisa menambah kesadaran aturan lalu lintas bagi masyarakat," ujar Edison saat dihubungi di Jakarta pada Senin (17/9).
 
Menurut Edison, keberhasilan polisi dalam membuat masyarakat tertib berlalu lintas seharusnya tidak hanya dinilai dengan kecanggihan sistem elektronik pengawasan dan penegakan hukum lalu lintas tersebut untuk menjaring para pelanggar.
 
"Tolak ukur keberhasilannya bukan dilihat dari berapa orang yang ditilang, tetapi tentang bagaimana masyarakat sudah tidak lagi melanggar peraturan," jelas dia.
 
Edison menyayangkan cara sosialisasi yang selama ini hanya menonjolkan soal penindakan pelanggaran lalu lintas dari polisi, yang seharusnya memotivasi masyarakat agar sadar hukum.
 
"Ada satu cara yang agak kurang direspon masyarakat. Saat melakukan sosialiasi, yang melakukan adalah polisi. Artinya, belum bangun kesadaran masyarakat. Seharusnya melibatkan masyarakat sendiri sehingga muncul semangat baru dari mereka untuk mentaati peraturan lalu lintas," tambah dia.
 
Untuk itu, ia mengharapkan pihak terkait dapat meningkatkan sosialisasi terkait tilang elektronik dan mengajak semua elemen masyarakat untuk membuat gerakan kampanye masif.
 
Selain itu, Edison mengapresiasi usaha Polri dalam memanfaatkan sistem elektronik dalam penilangan. Namun menurutnya, hal tersebut harus disesuaikan agar tidak menjadi semacam "jaring" untuk sekadar mengumpulkan dana tilang.
 
Sebelumnya, Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyepakati penerapan tilang elektronik pada Oktober 2018 untuk mengurangi kemacetan. 
 
Penerapan tilang elektronik akan berlangsung bertahap. Nantinya, Jalan Sudirman-MH Thamrin akan dicoba menjadi wilayah percobaan bagi penerapan tersebut. **
Editor :
Sumber : antaranews.com
- Dilihat 786 Kali
Berita Terkait

0 Comments