Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 17/08/2018 12:09 WIB

Belajar Fisika Itu Mudah dan Menyenangkan

Bincang Pendidikan bersama Dosen FKIP UHAMKA Prodi Fisika, Feli Cianda
Bincang Pendidikan bersama Dosen FKIP UHAMKA Prodi Fisika, Feli Cianda
BEKASI, DAKTA.COM - Tanpa seseorang sadari, ternyata aktivitas yang dilakukan sehari-hari berkaitan erat dengan konsep fisika. Dari mulai melek mata sampai tidur kembali.
 
Hal itu disampaikan oleh  Dosen FKIP UHAMKA Prodi Fisika, Feli Cianda dalam Bincang Pendidikan di Radio Dakta, Kamis (16/8).
 
"Misalnya mengirim pesan pada zaman dahulu harus menunggu berhati hari, tapi sekarang sudah ada WhatsApp, ketika kita mengetik beberapa detik saja, pesannya sudah langsung diterima. Perkembangan zaman itu pembelajaran dari gelombang elektromagnetik fisika, jadi semuanya bisa lebih cepat," jelas Feli.
 
Ia menyampaikan, barang-barang elektronik yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari juga mengandung konsep fisika, seperti televisi, jam, dan prosesor lainnya.
 
Uhamka sendiri saat mengajarkan mata kuliah kepada mahasiswanya menekankan kreativitas dan inovasi serta mampu menguasai teknologi informatika.
 
"Mahasiswa Uhamka kami ajarkan pelatihan membuat robotika karena dalam pembelajaran kita menggunakan media teknologi. Uhamka tidak hanya mengembangkan mahasiswa dari sisi akademik saja tetapi juga meningkatkannya dari sisi kreativitas," terangnya.
 
Selain membuat robotika, mahasiswa Uhamka juga berkreativitas membuat batik dengan motif rumus fisika.
 
"Pembatikan dengan rumus fisika, di Uhamka sudah berjalan selama dua tahun. Setiap ada pameran ekonomi, karya-karya mahasiswa tersebut ditampilkan, seperti berupa tas dan gantungan handphone," pungkasnya.
 
Menurutnya belajar fisika itu mudah dan menyenangkan, asalkan mau belajar dengan giat dan terus berusaha serta mampu menguasai matematika. Karena belajar fisika erat kaitannya dengan konsep matematika. **

 

Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 546 Kali
Berita Terkait

0 Comments