Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 12/07/2018 14:03 WIB

Mendikbud: Sekolah Harus Aktif Cari Siswa

Mendikbud Muhadjir Effendy
Mendikbud Muhadjir Effendy
JAKARTA, DAKTA.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan(Mendikbud), Muhadjir Effendy meminta sekolah agar aktif mencari siswa yang belum mendapatkan sekolah.
 
"Sekolah harus aktif mencari siswa yang belum mendapatkan sekolah. Kepala sekolah tidak perlu mengajar, tugasnya termasuk mencari siswa yang belum mendapatkan sekolah," ujarnya di Jakarta, Kamis (12/7).
 
Ia mengatakan, kepala sekolah tidak lagi punya beban mengajar. Untuk itu, dia meminta kepala sekolah untuk aktif mencari siswa.
 
"Kalau anak itu tidak masuk sekolah, maka harus masuk program kesetaraan," imbuhnya.
 
Ia menyampaikan, ada kerja sama atau keterpaduan antara lembaga pendidikan formal di bawah Dikdasmen dan formal kesetaraan untuk mengejar target wajib belajar sembilan tahun bahkan 12 tahun.
 
Melalui sistem zonasi yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) didapat peta mengenai sekolah. Muhadjir menyebut ada sekolah yang kelebihan siswa dan ada juga mengalami kekurangan.
 
"Inilah peta yang sesungguhnya, melalui peta ini kita bisa mengambil tindakan sesuai dengan masalah yang ada," ucapnya.
 
Menurut Muhadjir sistem zonasi sama halnya dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dengan UNBK dapat mengetahui peta yang sesungguhnya.
 
"Oleh karena itu terjadi penurunan skor tidak kaget, karena jumlah skor murni bukan praktik-praktik yang selama ini kita curigai," katanya.
 
Sistem zonasi, juga bertujuan untuk pemerataan kualitas, dan juga untuk mencegah dan menghilangkan praktik kurang baik yang ada di sistem sebelumnya.
 
"Misalnya ada jual beli kursi, memo dari orang tertentu memaksakan anaknya agar masuk di sekolah-sekolah yang diangggap favorit," pungkasnya.
 
Selama ini juga, lanjut Muhadjir, peta populasi siswa di suatu daerah sulit, karena begitu bebasnya semua siswa bisa pindah termasuk di semua tempat, sehingga sulit memetakan populasi siswa. Muhadjir berharap melalui zonasi, bisa diketahui peta pendidikan yang sesungguhnya di suatu daerah. **
Editor :
Sumber : antaranews.com
- Dilihat 7353 Kali
Berita Terkait

0 Comments