Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 09/07/2018 15:06 WIB

Kota Bekasi Masih Kekurangan Truk Pengangkut Sampah

Truk pengangkut sampah
Truk pengangkut sampah
BEKASI, DAKTA.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, Jumhana Lutfi mengatakan bahwa Pemkot Bekasi masih kekurangan truk pengangkut sampah, saat ini hanya sekitar 230 truk pengangkut sampah, seharusnya Pemkot Bekasi memmiliki truk pengangkut lebih dari 500 unit. Terlebih truk yang ada saat ini belum standar.
 
"Harusnya truk yang bagus itu tidak akan tercecer sampahnya karena tertutup semua. Tapi saat ini masih terbuka sehingga sering tercecer," ungkap Jumhana Lutfi, Senin (9/7).
 
Jumhana menyampaikan, Kota Bekasi terdiri dari sekitar 1304 RW. Seharusnya setiap dua RW mempunyai satu truk pengangkut sampah yang memadai. "Rasionya itu untuk 2 RW 1 truk. Jadi masih jauh karena kebutuhan bisa 650 an truk sampah, Kami berharap ada penambahan truk pengangkut sampah, bukan truk sampah yang biasa tapi yang seperti di DKI," terangnya.
 
Lutfi mengakui saat ini pihaknya menerima banyak komplain dari masyarakat, karena masih adanya sampah yang tercecer dan belum diangkut dengan maksimal.
 
Pengangkutan sampah dari rumah tangga di Kota Bekasi hanya dilakukan empat hari sekali. Sementara seharusnya pengankutan dilakukan dua kali sehari atau bahkan setiap hari.
 
"Kalau kita mengusulkan sih setiap tahun 24 unit di renja, tapi kan tergantung kemampuan anggaran," ungkapnya.
 
Menurutnya, pengangkutan sampah harus dilakukan setiap empat hari di tiap RW, tapi masih ada beberapa RW yang belum terlayani.
 
Pihaknya mendorong pemerintah daerah agar lebih serius terkait pengolahan sampah dan pengangkutannya agar lingkungan di Kota Bekasi menjadi bersih.
 
"Ya kita selalu mengusulkan terkait hal ini, dan itu kan menyangkut keuangan daerah, jadi kita sampaikan bagaimana ketertarikan terhadap persoalan kebersihan ini. Yang kedua kita upayakan mendorong partisipasi masyarakat melalui bank sampah karena bisa mengurangi pengangkut sampah dari Hulu hingga hilirnya," pungkasnya. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 1174 Kali
Berita Terkait

0 Comments