Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/05/2018 11:24 WIB

Kenali Kecanduan Gadget pada Anak Sejak Dini

Bincang Publik bersama Indah Sulistyorini, M.Psi, Psikolog Klinis Anak dari PsyLine.id
Bincang Publik bersama Indah Sulistyorini, M.Psi, Psikolog Klinis Anak dari PsyLine.id
BEKASI, DAKTA.COM - Saat ini begitu banyak penggunaan gadget pada anak-anak, dan apabila tidak sesuai memanfaatkannya maka akan berdampak negatif pada anak, karena mereka belum mampu menguasai dirinya.
 
Gadget pada awalnya berguna untuk berkomunikasi, namun semakin mudahnya akses internet maka memudahkan orang juga dalam mengaksesnya. Bila penggunaan gadget secara berlebihan itu akan menimbulkan dampak yang negatif.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Indah Sulistyorini, M.Psi, selaku Psikolog Klinis Anak di Radio Dakta tentang kecanduan gadget pada anak, Selasa (22/5).
 
"Ciri pada anak yang kecanduan gadget biasanya anak susah dilepas dari gadget, terkadang itu pengaruh dari orang tuanya, sebagai orang tua kita harus berkomitmen tidak menggunakan gadget dihadapan anak, sehingga anak bisa melihat orang tuanya mempunyai kendali," kata Indah. Selasa (22/5).
 
Menurutnya, hal yang dapat dilakukan orang tua apabila anak sudah mulai mengalami kecanduan gadget yaitu mengalihkannya kepada aktifitas lainnya.
 
"Diberikan aktifitas pengganti yang intensitas kesenangannya sama, sehingga anak teralihkan dari gadget seperti aktifitas fisik tapi jangan diberikan hal yang terkait dengan uang akan tetapi melalui sentuhan," ucap Indah.
 
Ciri kategori lain kecanduan pada anak, kata Indah, yaitu waktu bermai gadgetnya cukup lama di atas 6 jam, memiliki obsesi saat bermain gadget, gelisah jika tidak ada gadget ditangannya, anak cenderung enggan bersosialisasi, dan melakukan aktifitas lain karena lebih memilih gadgetnya.
 
Sementara itu, bagi para remaja dikategorikan kecanduan gadget berlebihan apabila sudah melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat.
 
"Seperti Berbohong, bertengkar dengan orang tuanya karena gadgetnya, mencuri uang orang tua untuk membeli pulsa. Itu suatu gejala yang membutuhkan bantuan profesional," ujarnya.
 
Untuk mencegahnya para remaja harus mempunyai kendali diri agar tidak kecanduang gadget berlebihan. **
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 533 Kali
Berita Terkait

0 Comments