Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 18/05/2018 16:24 WIB

BPBD Bekasi Minta Pemerintah Pusat Segera Bangun Sodetan di Citarum

Sungai Citarum
Sungai Citarum
CIKARANG, DAKTA.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Aspuri, meminta pemerintah pusat membangun sodetan di sungai Citarum untuk menanggulangi banjir yang kerap terjadi di 5 kecamatan saat musim hujan.
 
"Beberapa waktu lalu ada pembicaraan dengan Bupati Bekasi terkait dengan upaya penanggulangan banjir di sungai Citarum yaitu dengan cara menyodet aliran sungai di kampung kedungbokor desa pantai bakti muaragembong," ungkap Aspuri, Jumat (18/5).
 
Menurutnya, sodetan itu akan membuka jalan air sampai ke laut sepanjang 5 kilometer namun hingga saat ini belum dilakukan karena biayanya sangat besar.
 
Pemerintah Kabupaten Bekasi diakuinya kesulitan melakukan sodetan itu, ia pun meminta agar pemerintah pusat menyodet sungai Citarum, atau bisa dikoordinasikan anggarannya antara pemerintah pusat, Pemkab Bekasi dan Pemkab Karawang.
 
Aspuri menambahkan, selain perlu dibuat sodetan, sungai citarum sendimentasinya sudah tebal akibat adanya lumpur, oleh karenanya perlu dilakukan pengangkatan lumpur.
 
"Jadi banjir rutin di lima kecamatan diantaranya Muaragembong, Cabangbungin, Pebayuran, Cikarang Timur, dan Kedungwaringin dapat diselesaikan," pungkasnya.
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 3577 Kali
Berita Terkait

0 Comments