Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 19/04/2018 01:16 WIB

Dedi Mulyadi Dorong Peningkatan Kompetensi SMK

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi
CIKARANG, DAKTA.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi menilai perlu adanya peningkatan kompetensi bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga bisa diserap ke dunia industri.
 
“Adanya industri memang belum bisa dirasakan masyarakat di Jawa Barat, padahal 54 persen industri berada di wilayah ini,” kata Dedi Mulyadi saat ditemui dalam acara dialog Industri yang digelar President University di  President Executive Club, Jababeka, Rabu (18/4).
 
Untuk itu, perlu adanya terobosan bagi siswa SMK, dengan cara mengarahkannya langsung terjun ke industri.
 
Siswa seharusnya belajar di kelas hanya satu tahun, sementara dua tahun langsung belajar ke industri. hal ini diakuinya sangat efektif, karena dengan begitu, perusahaan dapat langsung menyerap pengetahuan dan memenuhi kebutuhan sumber daya di dunia industri.
 
“Pelatihan kepada masyarakat juga wajib dilakukan, agar meski tidak lulus sekolah, tapi memiliki kompetensi maka bisa bekerja di industri yang gajinya sama selevel dengan tenaga ahli,” paparnya.
 
Dedi menambahkan, selain diarahkan ke industri, masyarakat harus memiliki semangat kewirausahan, tetapi memang pasarnya harus diciptakan. Sehingga produk yang dihasilkan bisa di komsumsi pasar  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
 
Perkembangan industri juga harus seiring dengan pemeliharaan lingkungan, oleh karenanya nilai budaya yang memiliki dasar pemeliharaan lingkungan mesti dibarengi dengan penerapan teknologi, karena jika tidak penggunaan teknologi secara serampangan akan berdampak pada rusaknya lingkungan. Seperti yang saat ini terjadi di kali Citarum.**
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1473 Kali
Berita Terkait

0 Comments