Internasional / Asia /
Follow daktacom Like Like
Senin, 16/03/2015 11:03 WIB

Muslim Indonesia Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Uighur dan Rohingya

SONGKHLA_DAKTACOM: Kaum muslimin Indonesia melalui Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) telah menyalurkan bantuan kemanusiaan senilai 1000 US Dollar untuk kaum muslimin yang tertindas di wilayah Thailand Selatan. Bantuan itu diserahkan kepada komunitas pengungsi Uighur, pengungsi Rohingya dan muslim Patani di Thailand.  Penyerahan bantuan itu dilakukan dalam rangkaian perjalanan misi kemanusiaan untuk Rohingya, Uighur dan Patani, yang diselenggarakan pada 6-9 Maret 2015.


"Misi kemanusiaan ini adalah misi Road4Peace keenam," ungkap Mustofa Manshor, yang memimpin perjalanan tersebut.

Misi ini diikuti oleh tiga rombongan bermobil dari Indonesia dan Malaysia. Peserta Road4Peace 6 ini diikuti oleh LSM lintas negara, seperti MASSSA, Persatuan Ulama Wilayah Persekutuan, dan Borderless Volunteer dari Malaysia. Sedangkan dari Indonesia, diwakili oleh Road4Peace Indonesia, HASI dan JITU.

Menurut Mustofa, misi utama perjalanan Road4Peace 6 ini adalah silaturahmi kepada saudara Muslim dari etnis minoritas Rohingya dan Uighur yang banyak terdampar di wilayah Thailand dan perbatasan Malaysia. Tim Road4Peace 6 ini mengunjungi rumah detensi imigrasi Padang Besar, Distrik Sadao Provinsi Songkhla untuk menyerahkan bantuan makanan kepada para pengungsi di dalam tahanan, dan berkunjung sekolah dan pondok pesantren di Pattani.

Rombongan juga berkunjung ke Konsulat Jenderal Malaysia di Songkhla, Thailand. Hasil pertemuan, pihak konsulat telah memberi dukungan penuh atas misi ini dan berkomitmen untuk membantu birokrasi bantuan dan juga kunjungan ke penjara.***

 

Redaktur    : Adin Muharrom

 

Editor :
- Dilihat 2051 Kali
Berita Terkait

0 Comments