Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 15/02/2018 14:30 WIB

Julukan Pulau Seribu Masjid Menjadi Daya Tarik Destinasi Halal di NTB

Masjid agung NTB
Masjid agung NTB
MATARAM_DAKTACOM: Pulau Lombok memiliki lima ribu lebih masjid dimana di setiap dusun dan lingkungan terdapat lebih dari satu masjid besar dan megah yang sebagian besar memiliki arsitektur Timur Tengah.
 
Hal ini disampaikan dosen Jurusan Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung Taufan Hidjaz mds saat menjadi narsum pada seminar nasional forjim di islamic center Mataram-NTB.
 
Meski mayoritas Muslim, namun warga setempat juga telah siap menyambut wisawatan non Muslim. 
 
"Provinsi NTB penduduknya mayoritas muslim, namun masyarakatnya bisa menerima kehadiran para wisatawan dengan mengedepankan persaudaraan antar umat beragama termasuk dalam pariwisata," tutur Taufan, Kamis (22/2).
 
Ia menjelaskan bahwa keunggulan NTB sebagai tujuan wisata syariah bukan hanya karena memiliki banyak masjid namun juga karena wisata syariah merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.
 
"Aktivitas apapun yang menjadi wisata syariah adalah bagian dari rutinitas masyarakat Lombok, termasuk saat turis menginap di pondok pesantren, akan dibawa lebih dalam pada aktivitas sehari-hari para santri termasuk kemasjid," jelasnya.
 
Menurut Taufan, lombok memiliki potensi untuk mengembangkan konsep wisata syariah. Dengan konsep ini bukan berarti mengabaikan wisatawan konvensional, melainkan orang yang datang ingin mendapatkan pelayanan yang lebih aman, salah satunya makanan berlabel halal dan wisata masjid.
 
Selain keterlibatan dalam mempersiapkan konsep dan pengembangan wisata syariah, diharapkan nantinya semua unsur yang terlibat dalam pariwisata di daerah itu juga ikut mempromosikan wisata syariah berbasis masjid.
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2105 Kali
Berita Terkait

0 Comments