Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 27/05/2015 15:01 WIB

Gadis Muslimah Mengidap Tumor Tulang Ganas, Butuh Bantuan

Rika Suranti Mengidap Tumor Tulang Ganas
Rika Suranti Mengidap Tumor Tulang Ganas
JAKARTA_DAKTACOM: Seorang gadis muslimah yatim, Rika Suranti mengidap tumor tulang ganas, yang bersarang di lututnya. Lutut yang membesar hingga sebesar kepala orang dewasa itu pun terancam diamputasi, karena sudah menjalar ke paru-paru.
 
Petaka bermula ketika remaja asal Mauk, Tangerang, Banten  lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada bulan Agustus 2014 tahun lalu. Namun saat Rika hendak mengambil ijazah Rika terjatuh sehingga kaki kirinya keseleo. Rika pun dibawa ke tukang pijat kampung untuk diurut. Setelah diurut kakinya tidak kunjung sembuh, malah membengkak dan terus membengkak. Dua bulan kemudian, saat dironsen di klinik, baru diketahui ternyata bagian kaki yang membengkak itu tumbuh banyak gumpalan daging yang menutup tulangnya.
 
Seiring berjalannya waktu, lutut Rika terus membengkak, tapi meski penyakitnya makin parah, belum ada tindakan pengobatan yang berarti yang dilakukan oleh pihak keluarga. Sama sekali tak bermaksud menelantarkan, namun keluarga yatim ini terkendala masalah klasik ketiadaan biaya untuk berobat.
 
Setelah memiliki cukup biaya untuk berobat, akhirnya Rika dibawa berobat ke RSUD Tangerang. Pada saat itulah terjawab berita yang sangat mengerikan, Rika divonis menderita Malignant Neoplasm (kanker ganas). Kaki remaja muslimah ini pun terancam amputasi untuk menghentikan penyebaran kanker ke jaringan sekitar dan berbagai daerah tubuh yang jauh melewati darah maupun kelenjar getah bening, yang bisa berakibat kematian.
 
RSUD Tangerang pun merujuk Rika supaya segera dilarikan ke RSCM, namun untuk kesekian kalinya pengobatan Rika kembali tertunda karena terkendala biaya. Padahal tumor di kakinya tumbuh makin pesat menjadi sebesar kepala orang dewasa. Mereka hanya sanggup untuk menjalani rawat jalan di RSCM. Tapi karena rawat jalan yang tidak teratur, kanker Rika pun makin parah, dokter pun memasukknya ke ruang IGD.
 
Setelah menjalani rawat jalan di RSCM sejak Selasa (19/05/2015), dokter mendiagnosa penyakit yang lebih dahsyat yaitu kanker ganas tulang (Osteosarcoma) stadium tiga. Tak hanya itu, ternyata kanker ganasnya telah menyebar ke paru-paru.
 
Bu Mursiah (62) ibunda Rika yang hanya seorang janda dan tak punya pekerjaan, berharap bantuan dari kaum muslimin bagi pengobatan anak kesayangannya.
 
“Saya hanya sebagai ibu rumah tangga di rumah, tidak kerja apa-apa, selama ini biaya berobat ngutang-ngutang ke tetangga. Sampai sekarang sudah nggak ada uang lagi. Mohon, kita minta dibantu untuk berobat,” ujar Mursiah.
 
Demikian pula Rika, sambil meneteskan air mata, ia mengucapkan sepatah dua patah kata tentang kondisinya.
 
“Saya mau sembuh Pak, kaki saya sakit,” kata Rika sambil meneteskan air mata saat Relawan Infaq Dakwah Center (IDC) berpamitan pulang.
 
Bagi kaum Muslimin yang terpanggil untuk membantu meringankan biaya pengobatan tumor Rika Suranti bisa mengirimkan donasi ke program Infaq Darurat IDC:
 
1.Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005 a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
2.Bank BNI Syari’ah, No.Rek: 293.985.605  a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
3.Bank Mandiri Syariah (BSM), No.Rek: 7050.888.422  a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
4.Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.728.9 a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
5.Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302  a/n: Yayasan Infak Dakwah Center.
6.Bank CIMB Niaga, No.Rek: 675.0100.407.006  a.n Yayasan Infak Dakwah Center.
7.Bank BCA, no.rek: 631.0230.497 a/n Budi Haryanto (Bendahara IDC).
 
 
Editor :
Sumber : Infaq Dakwah Center
- Dilihat 3771 Kali
Berita Terkait

0 Comments