Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 18/01/2018 13:00 WIB

Underpass Cibitung Segera Dibangun

Ilustrasi pembangunan underpass
Ilustrasi pembangunan underpass
CIKARANG_DAKTACOM: Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan berencana membangun underpass jl. Bosih Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi.
 
Pembangunan underpass tersebut untuk menghindari terjadinya kemacetan di lokasi tersebut, selain itu mendukung adanya double-double track dan beroperasinya KRL hingga ke stasiun Cikarang.
 
Pemerintah Kabupaten Bekasi telah menyiapkan lahan seluas 6.061 meter untuk pembangunan underpass tersebut dan untuk pembebasan lahan pemerintah sudah menghabiskan anggaran Rp 88 miliar. Proses pembebasan memakan waktu dua tahun anggaran, yakni 2015 senilai Rp 47 miliar, dan 2016 sebesar Rp 41 miliar dengan jumlah 65 bidang tanah.
 
Untuk pembangunannya akan dilakukan oleh kementrian perhubungan.
 
Kabid Fisik dan Infrastruktur, Bappeda Kabupaten Bekasi, E. Y  Taufik mengatakan berdasarkan detail enginering design, underpass Cibitung memiliki lebar 37 meter terbagi dua jalur. Adapun, panjangnya mencapai 400 meter.
 
"Sejauh ini, lahannya sudah siap tinggal dilakukan pembangunan oleh kementrian perhubungan, di tahun 2017 hal itu tidak dilakukan karena minimnya anggaran, pemerintah pusat berjanji pembangunannya akan dilakukan di tahun 2018 dan diharapkan bisa selesai pada tahun 2019," katanya pada Kamis (18/1).
 
E.Y Taufik menambahkan, dengan adanya underpass tersebut menjadi solusi kemacetan, selain underpass Cibitung, underpass Tambun sudah dibangun oleh kementrian dan difungsikan.
 
Disamping itu, perlintasan pintu rel kereta api Lemahabang Cikarang Utara akan dibangun fly over dan prosesnya saat ini tengah dibebaskan lahannya.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 3616 Kali
Berita Terkait

0 Comments