Parlemen / DPR RI /
Follow daktacom Like Like
Senin, 15/01/2018 15:29 WIB

Zainut: Impor Beras Bukti Kepanikan Pemerintah

zainut tauhid komisi IV 1
zainut tauhid komisi IV 1
JAKARTA_DAKTACOM: Anggota Komisi IV DPR RI, Zainut Tauhid menilai polemik kebijakan impor beras merupakan bentuk kepanikan pemerintah dalam menghadapi gejolak kenaikan harga.
 
"Hal ini membuktikan bahwa Pemerintah tidak memiliki blueprint perberasan nasional dan juga menunjukkan lemahnya database yang terkait dengan ketersediaan stok beras nasional," papar Zainut dalam siaran persnya kepada para wartawan pada Senin (15/01).
 
"Masalah seperti ini bukan sekali dua kali terjadi tetapi sudah beberapa kali terulang dan solusi yang paling cepat dan praktis adalah melakukan impor dengan alasan untuk menambah stok beras nasional agar harga di pasar dapat terkendali dan normal kembali," imbuhnya.
 
Menurut Zainut, kebijakan impor beras bukanlah hal yang tabu, karena untuk tujuan memenuhi kebutuhan pokok rakyat Indonesia.
 
"Yang menjadi masalah adalah jika impor beras itu dilakukan pada saat bersamaan dengan musim panen, maka hal tersebut merupakan tindakan yang tidak bijaksana dan sangat melukai perasaan para petani kita. Kasihan mereka sudah bekerja keras membanting tulang memeras keringat begitu panen tiba harganya jatuh dan tidak sesuai dengan harapan mereka," kritik politisi Fraksi PPP ini.
 
Untuk hal itu, Zainut menyarankan perlu ada perencanaan yang matang dengan didukung data statistik yang akurat dari sumber data yang resmi untuk dijadikan rujukan bersama para pemangku kepentingan pangan nasional.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 615 Kali
Berita Terkait

0 Comments