Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 22/05/2015 14:13 WIB

Rachmat Gobel Inspeksi Mendadak ke Sejumlah Pasar

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel
JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Perdagangan mengaku akan melakukan inspeksi ke sejumlah pasar induk untuk mengambil contoh beras. Hal ini terkait dengan munculnya isu beras sintetis yang meresahkan masyarakat.
 
Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan laboratorium BPOM untuk memastikan adanya kandungan plastik di sejumlah sampel beras yang akan ia bawa dari berbagai pasar induk.
 
"Dengan para Kepala Dinas dan BPOM nanti, kami akan ambil beberapa sampel untuk diuji coba di laboratorium. Karena ini sudah sangat meresahkan masyarakat," ujarnya, Jumat (22/05/15).
 
Rachmat menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan rekomendasi untuk melakukan impor beras, pasalnya menurut keterangan dari Kementan, stok beras saat ini sudah mencukupi kebutuhan nasional.
 
"Jika dilihat, ini memang sepertinya beras impor, tapi kami tidak pernah merekomendasikan impor beras selama stoknya masih cukup. Maka itu kami juga akan kembali mengecek apakah memang ada izin tersebut," jelasnya.
 
Penemuan adanya beras sintetis yang mengandung plastik di kawasan Bantar Gebang, Kota Bekasi juga turut menjadi perhatian bagi seluruh masyarakat. Pasalnya beras adalah makanan utama hampir seluruh masyarakat Indonesia.
 
Atas dasar itu pihak Kemendag memberikan tips untuk membedakan antara beras asli dan palsu yakni dengan cara dibakar.
 
"Cara paling gampang itu ya dibakar, kan kalo itu plastik pasti meleleh. Lalu beras palsu juga kalau dilihat akan sangat bening, halus, dan bersih," paparnya.
 
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1610 Kali
Berita Terkait

0 Comments