Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 13/12/2017 11:45 WIB

Pemkab Bekasi Siapkan Vaksin Difteri untuk 6oo Ribu Anak

Ilustrasi penggunaan vaksin bagi anak
Ilustrasi penggunaan vaksin bagi anak
CIKARANG_DAKTACOM: Penyakit Difteri yang disebabkan oleh virus Corynebacterium diphtheria, sudah mewabah di Provinsi Jawa Barat, Penyakit ini menyerang bagian atas mukosa saluran pernapasan dan kulit yang terluka.
 
Di Jawa Barat dan beberapa Provinsi di Indonesia sudah menerapkan status siaga terhadap penyakit tersebut untuk itu dibutuhkan upaya pencegahan dengan melakukan Outbreak Response Immunization (ORI).
 
Dari 5 kota/kabupaten di Jawa Barat yang akan melakukan imunisasi pencegahan penyakit difteri, sasaran imunisasi di Kabupaten Bekasi paling banyak yang jumlahnya mencapai 1.100.446 warga usia 0-19 tahun.
 
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny mengatakan pemberian vaksin tersebut akan dilakukan secara bertahap yang dilakukan di sekolah dan Puskesmas.
 
Pihaknya juga akan memberikan sosialisasi bagi pada orang tua terkait dengan pentingnya pemberian imunisasi itu agar anaknya tidak terkena pemyakit yang bisa menyebabkan kematian tersebut.
 
"Untuk sasarannya sendiri, usia 1-5 tahun sebanyak 286.069 anak, usia 5-7 tahun sebanyak 146.765 anak dan usia 7-19 tahun sebanyak 668.612 anak," ujarnya pada Rabu (13/12).
 
Sri Enny menambahkan, di Kabupaten Bekasi sendiri baru 2 kasus penyakit difteri yang diketahui dan sudah dilakukan penanganan oleh Puskesmas.
 
Kabupaten Bekasi merupakan daerah perlintasan untuk itu perlu waspada terhadap penyakit tersebut.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1036 Kali
Berita Terkait

0 Comments