Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 08/12/2017 15:00 WIB

Prospek Tanaman Kopi di Kabupaten Bekasi Masih Potensial

talkshow terkait budidaya kopi bersama dinas pertanian kabupaten bekasi
talkshow terkait budidaya kopi bersama dinas pertanian kabupaten bekasi
BEKASI_DAKTACOM: Tanaman kopi robusta merupakan kopi terbaik saat ini yang paling banyak di gemari pencinta kopi di seluruh dunia. Apalagi Kopi adalah tanaman tahunan yang dapat mencapai usia poduktif hingga 20 tahun.
 
Tanaman kopi akan tumbuh secara optimal pada daerah tropis dengan ketinggian sekitar 800-1500 mdpl, memiliki curah hujan sekitar 2000-3000 mm/tahun, memiliki suhu udara optimal sekitar 21-24 derajat celcius. 
 
Menurut Kabid Hortikultura dan Perikanan Dinas Pertanian Kab Bekasi, H Yosio S Kisnoro, Kopi Robusta merupakan komoditi yang mudah ditanam dan nilai ekonomisnya tinggi.
 
"Bibit Kopi Robusta dapat diperoleh dengan 2 cara yaitu cara generatif menggunakan biji dan vegetatif, namun umumnya para petani menggunakan cara generatif yang lebih sederhana dan ekonomis," ujarnya dalam bincang publik di Radio Dakta, Jum'at (8/12).
 
Dalam penanaman bibit sampai melewati masa kritis yakni 1 samapai dengan 2 tahun, Yosio menjelaskan bahwa kopi memerlukan tanaman pelindung agar dapat mengurangi intensitas cahaya langsung ke tanaman.
 
"Untuk tanaman pelindung kita menyarankan pohon sengon atau lamtoro," paparnya.
 
Untuk di Kabupaten Bekasi sendiri, potensi tanaman kopi juga masih besar.
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1298 Kali
Berita Terkait

0 Comments