Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 08/12/2017 06:00 WIB

KPU Kota Bekasi Ajak Warga Pantau DPT Lewat SIDALIH

SJD di KPU Kota Bekasi
SJD di KPU Kota Bekasi
BEKASI_DAKTACOM: Komisioner KPU Kota Bekasi, Kanti Prajogo, mengatakan bahwa kunci keberhasilan Pemilu adalah partisipasi masyarakat dalam proses tahapan pemilihan umum.  
 
Hal ini disampaikan dalam acara diskusi bersama peserta Sekolah Jurnalis Dakta, di kantor KPU Kota Bekasi, Kamis (07/12).
 
"Satu tahapan yang sangat krusial adalah mengenai penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Kota Bekasi," ujarnya.
 
Nama pemilih, sebelum dimasukkan dalam DPT, akan dipublikasikan oleh KPU dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) melalui Sistem Informasi Daftar Pemilih (SIDALIH).
 
Data DPS tersebut akan dimutakhirkan melalui metode verifikasi faktual ke masyarakat, yang akan dilakukan oleh petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) di tingkat kelurahan.
 
"Petugas PPS yang berjumlah 3030 orang, akan mengunjungi rumah warga satu persatu untuk menyelidiki dan menanyakan keakuratan data DPS tersebut," jelasnya.
 
Jika ada data yang tidak sesuai, seperti warga yang pindah alamat atau sudah meninggal, maka akan dicatat dalam data pemutakhiran daftar pemilih di Kota Bekasi.
 
Meskipun jumlah petugas sudah banyak yang melakukan verifikasi faktual, berbagai hambatan juga sering terjadi. Contohnya saat didatangi, warga yang bersangkutan sedang tidak ada di rumah atau tinggal di luar kota.
 
Oleh karena itu, demi memudahkan dan mempercepat proses verifikasi faktual dan pemutakhiran data pemilih tetap di Kota Bekasi, 
Kanti Prajogo mengajak masyarakat Kota Bekasi untuk ikut memantau namanya dalam DPS melalui SIDALIH.
 
"Jika nanti ada nama yang belum masuk, warga diharapkan melapor ke Ketua RT dan RW setempat, atau langsung ke PPS di setiap kelurahan," tegasnya.
 
Komisioner lain KPU Kota Bekasi, Nurul Sumaheni,  mengatakan bahwa ia sangat berharap target jumlah pemilih yang datang ke TPS di Kota Bekasi sebanyak 70% dapat tercapai.
 
"Dengan adanya kepedulian dan partisipasi masyarakat,  semoga target jumlah pemilih di Kota Bekasi sebanyak 70% dapat tercapai," kata Nurul. (Filzah)
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1251 Kali
Berita Terkait

0 Comments