Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 07/12/2017 09:15 WIB

Dinkes Catat 2 Kasus Difteri di Kabupaten Bekasi

difteri ancam 20 provinsi di indonesia
difteri ancam 20 provinsi di indonesia
CIKARANG_DAKTACOM: Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi mencatat 2 anak positif menderita penyakit difteri dan telah dilakukan penanganan
 
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny mengatakan kasus difteri yang sudah mewabah di Jawa Barat mendapat perhatian kementrian kesehatan, untuk itu telah disusun petunjuk teknis dalam penanganan penyakit tersebut.
 
Pihaknya juga telah memerintahkan setiap Puskesmas maupun Rumah Sakit untuk sigap dan selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dalam melakukan penanganan apabila menemukan kasus penyakit difteri.
 
"Sementara ini baru ada 2 kasus penyakit difteri yang diketemukan, 1 kasus lainnya belum terkonfirmasi apakah benar-benar merupakan kasus penyakit difteri, namun ciri-cirinya menunjukan penyakit tersebut," ujarnya pada Kamis (7/12).
 
Meski sudah ada kasus difteri yang diderita warga, menurut Sri Enny, penyakit itu belum mewabah di kabupaten bekasi karena sudah bisa teratasi, namun pihaknya terus mewaspadai penyakit tersebut dikarenakan, wilayah kabupaten bekasi merupakan daerah perlintasan.
 
 
Sri Enny menambahkan jika ada yang terkena difteri, petugas puskesmas harua melakukan surveillance, yaitu melacak sampai sejauh mana dan asal kuman itu menjangkiti korban.
 
Penyakit difteri sendiri merupakan Wabah berasal dari kuman Corynebacterium diphtheria, yang penyebarannya cukup cepat melalui udara. Penyakit ini menyerang bagian atas mukosa saluran pernapasan dan kulit yang terluka.
 
Anak-anak lebih rentan terkena difteri. Karena itu, imunisasi menjadi salah satu langkah pencegahan yang dinilai efektif.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 115 Kali
Berita Terkait

0 Comments