Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 06/12/2017 14:15 WIB

Dinas Pertanian: Kelapa Kopyor Potensi Ekonominya Tinggi

talkshow bahas nilai ekonomis kelapa kopyor
talkshow bahas nilai ekonomis kelapa kopyor
BEKASI_DAKTACOM: Kelapa kopyor merupakan kelapa yang pertumbuhanya tidak nornal, Dari ketidak normalan tersebut menghasilkan kelapa bertekstur lembut dan di minati oleh semua orang.
 
Hingga apabila kelapa kopyor diguncang-guncang, maka suara yang ditimbulkannya sangat khas, beda dengan kelapa biasa. Karena daging buahnya tidak melekat pada tempurung, maka selulosa (serat kasar) pada daging buah kelapa kopyor juga tidak terbentuk. 
 
"Hingga tekstur daging buah kelapa kopyor tetap lunak dan lembut," ujar Kabid Hortikultura dan Perikanan Dinas Pertanian Kab Bekasi, H Yosio S. Kisnoro  dalam bincang publik di Radio Dakta, Rabu (6/12).
 
Menurutnya, kelapa kopyor ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi mengingat tingginya permintaan konsumsi, sementara budidayanya pun tak perlu menggunakan lahan yang terlalu besar.
 
menurutnya, di Indonesia, sampai dengan saat ini belum ada kebun kelapa kopyor. Lain dengan di Filipina yang sudah secara serius membudidayakan jenis kelapa ini. Sumber kelapa kopyor di Jawa antara lain terdapat di kawasan Purwokerto terus ke timur sampai ke Malang.
 
"Sampai sekarang pengetahuan masyarakat tentang kelapa kopyor juga masih sangat rendah," kata Yosio.
 
Padahal potensi ekonomisnya sangat tinggi Saat ini harga kelapa kopyor sangat tinggi atau berkisar antara Rp 25.000 – 30.000/butir di kebun. Nilai ekonominya jauh lebih tinggi, sehingga bisnis budidaya kelapa kopyor sangat menggiurkan.
 
Ia menyarakan kepada masyarakat untuk menanam kelapa kopyor karena dengan permintaan yang tinggi bisa meningkatkan kesejahteraanya. Kuncinya adalah menggunakan bibit yang berasal dari kultur embrio PPKS yang 100% kopyor.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 122 Kali
Berita Terkait

1 Comments

  1. bisot

    Mantap ini, kudu dikembangkan