Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 13/03/2015 13:28 WIB

Setidak 610 dokter Tewas di Suriah Oleh Pasukan Asad

SURIAH_DAKTACOM: Setidaknya 610 dokter telah dibunuh oleh pasukan Asad, 139 di antaranya disiksa dan dieksekusi, lapor kelompok kerja Observatorium Suriah, Rabu (11/03).

Laporan yang dikeluarkan Observatorium itu mencatat, 233 serangan dilancarkan rezim Asad terhadap 183 rumah sakit dan klinik, terakhir dengan menggunakan bom barel mematikan.

“Pemerintah Suriah telah melakukan pemboman terhadap fasilitas kesehatan, termasuk bom barel – bahkan penyiksaan dan eksekusi dokter yang mencoba untuk mengobati rakyat sipil yang terluka dan sakit,” kata Erin Gallagher, direktur investigasi untuk Dokter untuk Hak Asasi Manusia (PHR).

Laporan, mencengangkan tersebut dirilis di markas besar PBB di New York, berdasarkan data yang diperoleh langsung dari investigasi mendalam di Suriah.

“Para pemimpin dunia jangan membiarkan serangan ini terus berlanjut terhadap tenaga medis,” kata direktur eksekutif PHR Donna McKay.

2013 menjadi tahun paling mematikan bagi dokter di Suriah, dengan 171 tenaga medis tewas, termasuk Osama Baroudi, seorang gastroenterologist terkemuka yang disiksa dan meninggal dalam tahanan pada bulan Juli.(afp).



Editor  : Imran Nasution
Sumber  : Bumi Syam

Editor :
Sumber : Bumi Syam
- Dilihat 2003 Kali
Berita Terkait

0 Comments