Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 28/11/2017 16:30 WIB

CORE: Konsumsi Rumah Tangga Menurun, Belanja Lifestyle Meningkat

Ilustrasi pasar sayur
Ilustrasi pasar sayur
JAKARTA_DAKTACOM: Direktur Eksekutif Core Indonesia, Moh Faisal mengungkapkan adanya pergeseran trend belanja dari kalangan kelas menengah atas.
 
Dalam pemaparannya, Faisal menjelaskan masyarakat kalangan menegah atas saat ini cenderung lebih menahan uang mereka di bank.
 
"Salah satu alasan kalangan menengah ke atas lebih suka menyimpan uang mereka di bank ini karena kebijakan pemerintah yang sedang gencar mengejar pendapatan negara melalui sektor pajak. Mereka ini menahan dulu dan melihat perkembangan ini," papar Faisal.
 
Faisal mengatakan para kalangan kelas menengah atas ini lebih mengalokasikan dana mereka kepada gaya hidup.
 
"Namun di sisi lain mereka lebih suka membelanjakan uangnya untuk sesuatu seperti hiburan dan traveling, sehingga sangat wajar ketika daya beli terhadap konsumsi rumah tangga kini menurun," ujarnya pada Selasa (28/11).
 
Faisal menambahkan akibat kalangan menegah atas menahan uang mereka di bank menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi masih stagnan di angka 5%.
 
"Jika dana ini tidak dikeluarkan menjadi tidak adanya perputaran uang untuk menggenjot perekonomian. Maka dari itu pemerintah perlu turun tangan kepada bank sentral agar mau menurunkan suku bunga mereka sehingga dana ini dikeluarkan," tutupnya.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1280 Kali
Berita Terkait

0 Comments