Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 17/11/2017 10:30 WIB

Seroja Selesai, Tol Cigatas Siap Tancap Gas

Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol
Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol
BANDUNG_DAKTACOM: Usai Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) beroperasi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melanjutkan proses mewujudkan pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas).
 
Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan pihaknya berharap proyek pembangunan Tol Cigatas kembali dilanjutkan pemerintah Pusat mengingat embrio penuntasan infrastruktur ke Priangan Timur sudah dimulai dengan rencana beroperasinya Soroja akhir November ini.
 
"Sudah ada rencana dari kami untuk melanjutkan lagi proses Cigatas, tinggal mendorong lagi pemerintah pusat," katanya di Bandung, Kamis (16/11).
 
Menurutnya dari informasi yang didapat, upaya pusat mewujudkan proyek Cigatas sudah makin matang salah satunya dengan membuka peluang pada investor untuk masuk. "Dari Badan Pengelola Jalan Tol kabarnya sudah ada investor tertarik masuk, nanti Soroja beroperasi akan mengaklerasi rencana [Cigatas]," ujarnya.
 
Iwa memastikan Soroja akan menjadi bagian dari konektifitas infrastruktur untuk Bandung Selatan dan Priangan Timur mengingat sudah ada hasil Feasibility Studi tol tersebut. "BPJT sudah mempelajari hasil studi tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk selanjutnya menggelar lelang invetasi," paparnya.
 
Selain itu pihaknya bersama pemerintah pusat akan melakukan sinkronisasi proyek tersebut. Dari hasil FS tol ini kemungkinan akan berlanjut hingga Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis. "Trasenya juga ada perubahan dari Gedebage-Majalaya-Garut-Tasik hingga Ciamis, tapi kami prinsipnya menunggu kesiapan pusat," katanya.
 
Usai dilantik di Gedung Sate awal pekan ini, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengaku saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Tasikmalaya pihaknya sudah menyampaikan agar proyek ini dipercepat. "Dalam rangka mendobrak arus investasi ke wilayah Tasikmalaya," tuturnya.
 
Budi yakin proyek ini akan diakselerasi mengingat BPJT sudah merancang tol ini akan berujung di Cilacap. Karena itu pihaknya akan terus mendorong di lapangan agar pada saat pembebasan lahan tidak ada masalah. "Tidak apa-apa tolnya tidak melintas di daerah kami, asal ada exit tolnya saja cukup," katanya.
Editor :
Sumber : jabarprov.go.id
- Dilihat 1850 Kali
Berita Terkait

0 Comments