Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 16/11/2017 10:30 WIB

Bawaslu Jabar Sosialisasikan Pilkada Pada Kaum Disabilitas

Bawaslu Jabar Sosialisasikan Pilkada Pada Kaum Disabilitas
Bawaslu Jabar Sosialisasikan Pilkada Pada Kaum Disabilitas
BANDUNG_DAKTACOM: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar turut mensosialisasikan Pilkada pada masyarakat termasuk kelompok masyarakat disabilitas di Jabar. 
 
Sosialisasi pilkada dilakukan dengan jalan diskusi pada acara Sosialisasi Kerjasama Partisipatif Dengan Kelompok Masyarakat Disabilitas se-Jabar Dalam Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Jabar dan Pilkada Walkota/Wakil Walikota se-Jabar di Hotel Homan Bandung, Rabu (15/11).
 
"Kelompok masyarakat disabilitas sebagai pemilik hak pilih memiliki hak yang sama dengan kelompok masyarakat yang lain sehingga mereka juga berhak mendapat fasilitas dan kemudahan dalam melaksanakan hak politiknya," ujar Herminus Koto, Ketua Bawaslu Jabar.
 
Salah satu contoh kemudahan bagi kaum disabilitas menurut Herminus adalah terpenuhinya ruang gerak yang memadai di TPS. "Seperti jalan masuk menuju TPS dan bilik suara yang cukup bagi mereka yang menggunakan kursi roda, meja bilik suara yang terjangkau dan lain sebagainya" tutur Herminus.
 
Penyelenggara pilkada juga harus menjamin tidak adanya pemanfaatan kaum disabilitas untuk melakukan penyimpangan atau kecurangan dalam pemilihan, seperti upaya mengarahakan terhadap pasangan tertentu dan panfaatan politik uang.
 
"Bisa saja terjadi pada disabilitas tuna netra misalnya, mereka diarahkan atau dijebak mencoblos pasangan tertentu, atau diiming-imingi imbalan," paparnya.
 
Kaum disabilitas juga diajak untuk bersama-sama mengawasi jalannya pilkada yang langsung, umum, bebas dan rahasia, serta jujur dan adil.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : jabarprov.go.id
- Dilihat 556 Kali
Berita Terkait

0 Comments