Parlemen / DPR RI /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 15/11/2017 11:30 WIB

Legislator Tolak Keras Rencana Penjualan Bandara dan Pelabuhan

Hermanto
Hermanto
JAKARTA_DAKTACOM: Anggota Komisi 4 DPR RI Hermanto menolak keras rencana pemerintah yang akan menawarkan pengoperasian sejumlah bandara dan pelabuhan kepada asing. 
 
Keterlibatan asing dalam pengoperasian bandara dan pelabuhan berpotensi melemahkan bahkan menghilangkan kontrol karantina.
 
"Kontrol karantina yang lemah akan menimbulkan kerawanan. Produk-produk pertanian ilegal dari luar yang membawa organisme hama/penyakit akan lebih mudah masuk ke Indonesia", paparnya dalam keterangan tertulis kepada media massa, Rabu (15/11).
 
Organisme hama/penyakit yang terbawa produk-produk pertanian ilegal dari luar itu, lanjutnya, jika lolos masuk ke Indonesia selanjutnya akan masuk ke sistem tanah dan tumbuhan/hewan.  
 
"Lalu organisme tersebut menginfeksi  tumbuhan/hewan ternak kita.  Akibat infeksi tersebut, produktivitas pertanian kita akan rendah", tuturnya.
 
"Produktivitas pertanian yang rendah tentu sangat mengganggu kedaulatan pangan kita", tandasnya.
 
Karantina, katanya, merupakan benteng pertahanan negara yang berperan sangat penting dalam mencegah masuknya produk-produk pertanian ilegal pembawa hama dan penyakit. 
 
"Karena itu jangan serahkan pengelolaan benteng pertahanan negara kepada asing", pungkas legislator FPKS dari dapil Sumatera Barat ini.
Editor :
Sumber : Rilis DPP PKS
- Dilihat 789 Kali
Berita Terkait

0 Comments