Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 14/11/2017 10:30 WIB

Mendikbud Buka Kemah Penguatan Karakter 2017

Mendikbud Buka Kemah Penguatan Karakter 2017
Mendikbud Buka Kemah Penguatan Karakter 2017
JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka Kemah Penguatan Karakter Tahun 2017 (Kepak 2017) untuk siswa sekolah menengah atas (SMA), Senin (13/11) di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta. 
 
Kepak 2017 digelar dari tanggal 12 hingga 17 November 2017 diikuti 204 siswa SMA dan 68 guru SMA dari 34 provinsi di Indonesia.
 
Dalam kesempatan tersebut, Mendikbud berpesan agar setiap anggota pramuka bersikap sebagai pandu bangsa, yang memiliki tugas besar yaitu menunjukkan arah perjalanan bangsa Indonesia. Ia berharap setiap anggota pramuka memiliki idealisme dan cita-cita yang tinggi untuk kemajuan bangsa.
 
Pramuka atau yang dulu dikenal sebagai gerakan kepanduan dipandang sangat strategis bagi bangsa Indonesia, bahkan dalam lagu Indonesia Raya pun disebutkan 'majulah pandunya'. 
 
"Jadi yang disebut majulah pandunya itu majulah pramukanya, kalian sebagai pramuka yang harus maju demi bangsa," kata Muhadjir.
 
Mendikbud juga memandang bahwa kegiatan kepramukaan sangat penting dalam pembentukan karakter generasi muda. Oleh karena itu ia berharap agar pramuka dilaksanakan dengan sungguh-sungguh di setiap sekolah. 
 
"Pramuka ini adalah wanaha pembentukan karakter siswa, kalau pramukanya berjalan baik, karakter siswa juga akan terbentuk," ujar Mendikbud.
 
Dalam kesempatan yang sama Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad menyebutkan bahwa tujuan Kepak 2017 adalah menyiapkan siswa SMA menjadi pelopor perubahan karakter bangsa melalui kepramukaan. 
 
"Tema yang diangkat dalam Kemah Penguatan Karakter ini adalah siswa SMA pelopor karakter bangsa yang disiplin, terampil, dan peduli," Kata Hamid Muhammad. Hamid berharap seluruh peserta mengikuti Kepak 2017 dengan sungguh-sungguh dan menularkan ilmu yang diperoleh kepada teman-temannya.
 
Kegiatan Kepak 2017 ini dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Ditjen Dikdasmen Kemendikbud. 
 
Sejumlah narasumber dihadirkan antar lain dari Kwartir Nasional, Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan lain-lain. Dalam pembukaan Kepak 2017 Mendikbud didampingi Wakil Ketua Kwartir Nasional Bidang Bina Muda Budi Prayitno, Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad, dan Direktur PSMA Purwadi Sutanto.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : kemdikbud.go.id
- Dilihat 52 Kali
Berita Terkait

0 Comments