Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 10/11/2017 09:30 WIB

Bawaslu Imbau Masyarakat Awasi Pilkada Sejak Dini

Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jabar Yusuf Kurnia
Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jabar Yusuf Kurnia
BANDUNG_DAKTACOM: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat mengimbau kepada masyarakat untuk ikut mengawasi sejak awal tahapan proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2018.
 
Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jabar, Yusuf Kurnia menyebutkan bahwa hakikatnya kedaulatan itu berada di tangan rakyat oleh karena itu penyelenggaraan pilkada merupakan hak publik bukan berada di tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Bawaslu.
 
"Kami ingin mengembalikan kesadaran masyarakat bahwa Pilkada merupakan milik publik,"kata Yusuf kepada wartawan di Bandung, Kamis (9/11)
 
Dia menjelaskan dalam beberapa penyelenggaraan Pilkada masih ditemukan beberapa pelanggaran. untuk itu, Bawaslu Jabar ingin mengedukasi masyarakat agar bisa menekan potensi pelanggaran yang terjadi di dalam Pilkada.
 
"Karena pencegahan pelanggaran Pilkada jauh lebih penting daripada penindakan,"tegas Yusuf.
 
Bawaslu Jabar juga berkomitmen untuk terus mensosialisasikan Pilkada karena penegakan hukum pada Pemilu merupakan pilihan terakhir. 
 
Selain itu, tujuannya ingin melibatkan masyarakat sejak awal dalam penyelenggaraan pilkada sehingga keterlibatan masyarakat tidak hanya sebatas mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam menggunakan hak konstitusionalnya saja tapi bersama-sama mengawasi sejak tahapan awal pelaksanaan Pilkada Jabar. 
 
"Jadi masyarakat turut mengawasi sejak pendataan pemilih, pencalonan, kampanye sampai puncak pelaksanaan Pilkada Jawa Barat," pungkasnya. 
Editor :
Sumber : jabarprov.go.id
- Dilihat 918 Kali
Berita Terkait

0 Comments