Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 19/10/2017 08:15 WIB

Anim: Pemkot Bekasi Harus Terus Dukung Pertumbuhan Koperasi & UMKM

ilustrasi usaha kecil
ilustrasi usaha kecil
BEKASI_DAKTACOM: Pembangunan Ekonomi Kerakyatan harus di mulai dengan pemberian fasilitas bagi Para Pelaku Usaha Kecil Menengah dengan kredit dan penyediaan tempat promosi.
 
Direktur Kompas Kranggan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Bekasi Anim Imamudin mengungkapkan, pembangunan ekonomi masyarakat tidak akan berkembang baik jika pemerintah daerah tidak memberikan fasilitas.
 
"Saya sudah usulkan pada Walikota agar di buat Blud UMKM dan Koperasi tapi harus di awali dengan penyediaan lahan atau lokasi centra UMKM. Ini di maksudkan untuk mengawali pengembangan UMKM. Dan sekarang sudah mulai di siapkan centra UMKM selain di Bekasi Jungtion juga yang baru ada di Pasar Segar Rawalumbu," ungkap Anim Imamudin yang juga penggerak Koperasi, Kamis (19/10).
 
Anim mengatakan Blud harus di awali dengan promosi UMKM yang modern dan tersentral. Pasar segar Rawa Lumbu merupakan salah satu tempat yang strategis untuk pengembangan UMKM di wilayah Kota Bekasi.
 
Dinas koperasi dan UMKM memiliki peranan pemting dalam pengembangan ekonomi kerakyatan salah satunya adalah fasilitasi terkait penyiapan modal, promosi dan pembinaan.
 
"Pemerintah harus menyiapkan kerjasama Bank (KUR) bagi UMKM yang masih kekurangan biaya. Tahap pertama kita akan kembangkan 50 UMKM di centra pasar segar. Kegiatan pelatihan 100 UMKM dan pembinaanya juga harus terus di lakukan," ungkap Anim yang juga Bakal Calon Walikota Bekasi.
 
Pengembangan JUK (jarjngan usaha koperasi) dapat diusahakan melalui kerjasama dengan Bulog dan distributor. Central UMKM harus diisi UMKM yang berbeda sehingga tidak ada persaingan dalam satu lokasi pusat UMKM dalam hal pemasaran.
 
"Centra pertama sudah di mulai, mari kita kembangkan ekonomi berbasis kerakyatan karena di Kota Bekasi harus di isi masyarakat yang kreatif," pungkasnya.
 
Terpisah Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi Karto mengungkapkan bahwa saat ini pengembangan UMKM dan Koperasi sudah mulai membaik dengan fasilitas dana bergulir prmbinaan dari pemerintah dalam hal ini Dinas UMKM dan Koperasi.
 
"Pusat UMKM sudah mulai banyak, kita juga kerjasama dengan BPRS Patriot sudah menyiapkan kredit lunak pengembangan UMKM dan Koperasi," ungkapnya.
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1041 Kali
Berita Terkait

0 Comments