Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 18/10/2017 16:00 WIB

Longmarch Buruh Pertamina Tiba di Kabupaten Bekasi

Longmarch Buruh Pertamina Tiba di Kabupaten Bekasi
Longmarch Buruh Pertamina Tiba di Kabupaten Bekasi
CIKARANG_DAKTACOM: Sebanyak 10 buruh dengan kostum zombie dari PT Pertamina Patra Niaga dan PT El Nusa Petrofin yang menggelar long march Bandung-Jakarta melintasi Jalan Sultan Hasanuddin, Kabupaten Bekasi dengan berjalan kaki, Rabu (18/10).
 
Aksi tersebut merupakan bagian dari upaya buruh memperjuangkan hak mereka. Ada sejumlah tuntutan yang dibawa para buruh yang mencoreng wajah mereka serta menyobek seragam bertulisan 'Pertamina Patra Niaga' sehingga tampak seperti zombie.
 
Satu peserta aksi longmarch dari PT Pertamina Patra Niaga Depot Plumpang, Sahlan (40) mengatakan tuntutan yang disuarakan banyak sekali, pertama pekerjakan kembali buruh yang di-PHK sepihak dengan jumlah 1.095 orang, lalu angkat sebagai karyawan tetap, hapus outsourcing dan bayarkan upah lembur yang belum dibayar sejak 2011.
 
Diakui Sahlan, para buruh berjalan dari Bandung sejak Jumat (13/10) dan menemui berbagai kendala, salah satunya sempat tertahan ketika akan melintasi Kabupaten Bekasi pada Selasa (17/10).
 
Tadinya ada 50 yang melakukan jalan kaki, namun hanya diperbolehkan 10 orang oleh pihak kepolisian.
 
Sementara itu, para buruh PT Pertamina dan El Nusa berjalan dari Lemahabang, Cikarang Timur sejak Rabu (18/10) pagi dan berencana istirahat di Gedung Juang, Tambun Selatan untuk sementara waktu. Mereka memperkirakan tiba di Jakarta pada Kamis atau Jumat.
 
1.095 buruh yang di-PHK berasal dari 10 depot, antara lain Depot Plumpang, Padalarang, Ujungberung, Lampung, Palembang, Makasar, Semarang, Banyuwangi dan lainnya. Mereka di-PHK sejak Juni 2017.
 
Mereka berkeinginan untuk bertemu dengan presiden jokowi untuk menyampaikan keinginan mereka.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1089 Kali
Berita Terkait

0 Comments