Parlemen / DPR RI /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 17/10/2017 13:30 WIB

Yandri: Kata 'Pribumi' Bermaksud Orang Yang Terpinggirkan

Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional PAN di DPR RI Yandri Susanto
Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional PAN di DPR RI Yandri Susanto
JAKARTA_DAKTACOM: Sekretaris F-PAN, Yandri Susanto menilai pidato Anies Baswedan mengenai pribumi tidak ditujukan untuk menyerang kelompok tertentu.
 
"Saya pikir nggak ada masalah itu, maksudnya pribumi ini menurut saya itu adalah orang-orang yang selama ini terpinggirkan dan tidak pernah menikmati hasil dari perekonomian. Saya rasa tidak ada tujuan menyerang suatu kelompok tertentu pada kalimat ini," kata Yandri di Senayan, Jakarta pada Selasa (17/10).
 
Yandri menyatakan saat ini faktanya memang sektor perekonomian di negara ini hanya dikuasai oleh segelintir kelompok dan golongan sehingga Anies mengajak kepada warga lainnya untuk bangkit kembali dan mampu menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri.
 
"Faktanya memang seperti itu kan kita bisa lihat sendiri yang kaya makin kaya, yang terpinggirkan ini nggak bisa berbuat apa-apa, justru pesan yang disampaikan Pak Anies ini bagus agar kita bangkit semua," tutupnya.
 
Pada saat menyampaikan pidato perdana pada Senin malam, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan sejarah panjang Republik Indonesia yang terjadi di Jakarta.
 
Menurut Anies, berakhirnya penjajahan yang pernah terjadi di Jakarta selama ratusan tahun harus dijadikan momentum bagi pribumi melakukan pembangunan dan menjadi tuan rumah di tanah airnya sendiri.
 
Penyebutan kata pribumi ini menjadi polemik setelah terbitnya inpres No. 26 Tahun 1998 tentang Menghentikan Penggunaan Istilah Pribumi dan Non Pribumi dalam Semua Perumusan dan Penyelenggaraan Kebijakan, Perencanaan Program, ataupun Pelaksanaan Kegiatan Penyelenggaraan Pemerintahan, yang ditandatangani oleh Presiden RI ke-3 BJ Habibie.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 611 Kali
Berita Terkait

0 Comments