Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 07/10/2017 13:45 WIB

Pilgub Sulsel, Nurdin Halid Unggul, Rivai Ras Mengejar

Rivai Ras kanan
Rivai Ras kanan
JAKARTA_DAKTACOM : Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan pada 2018 mendatang, Indonesia Development Monitoring (IDM), kembali menggelar survey untuk menakar keterpilihan para tokoh bakal calon gubernur Sulawesi Selatan. Survey yang dilakukan lembaga ini berlangsung pada 17-29 September 2017 dengan jumlah 1.421 responden yang tersebar di 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Penarikan sample mengunakan metode multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95% dengan  margin of error +/- 2,6%.
 
Direktur Eksekutif IDM, Bin Firman Tresnadi menjelaskan bahwa dari hasil survey ini 57,2% responden menyatakan ekonomi keluarga mereka dalam keadaan sulit dan 41,4% responden mengatakan keadaan ekonomi mereka pas-pasan dan hanya 1,2% mengatakan ekonomi keluarga mereka meningkat.
 
"Sementara untuk kinerja Gubernur terpilih pada periode sebelumnya hampir 60,3% masyarakat menyatakan tidak puas dan 27,3% mengatakan biasa saja dan sebanyak 12,4% mengatakan puas. Dari hasil temuan survei ini secara jelas menujukan bahwa masyarakat Sulsel menginginkan kehadiran tokoh baru dengan gebrakan baru,” ungkap Bin Firman dalam pers rilisnya pada Sabtu (07/10).
 
Dari nama-nama tokoh yang diuji dalam Survey IDM, sosok Rivai Ras merupakan sosok yang berpontensi besar terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Menurut Bin Firman, hal ini terlihat dari tren kenaikan kepercayaan publik terhadap Rivai yang sudah mulai mendekati pesaing utamanya Nurdin Halid dan Agus Arifin Nu’mang serta melampaui Akbar Fasial, Nurdin Abdullah, dan Ichsan Yasin Limpo. 
 
"Kendati dari hasil survei IDM kali ini Rivai Ras berada pada urutan ke 3, namun tren kepercayaan publik terhadap dirinya semakin tak terbendung. Pada survei kali ini sosok Nurdin Halid masih pada urutan pertama dengan tingkat popularitas 78,2%, disusul Agus Arifin Nu'mang 74,2%, Rivai Ras 72,1%, Akbar Faisal 73,6%, Nurdin Abdullah 68,2%, Ichsan Yasin Limpo 68,1%," paparnya.
 
Tidak seperti tokoh-tokoh lain yang sudah lama berkecimpung di dunia politik Rivai Ras masih terbilang tokoh baru namun memiliki tingkat popularitas yang sangat tinggi.
 
“Untuk tingkat penerimaan publik (elektabilitas) terhadap para tokoh untuk memimpin Sulsel, Nurdin Halid masih di posisi teratas dengan perolehan 74,6% responden, disusul Rivai Ras dengan perolehan 72,4%, lalu Akbar Faisal 70,2%, Nurdin Abdullah 70,1%, Ichsan Yasin Limpo 69,7%, dan Agus Arifin Nu'Mang 69,6%,”katanya .
 
Dari tingkat kapabilitas para tokoh maka tokoh yang paling dianggap mampu untuk menjalan pemerintahan provinsi Sulsel. Maka Nurdin Halid dianggap mampu oleh 79,4% responden karena pengalamannya di Tingkat Nasional, Rivai Ras 75,3% karena latar belakang sebagai Anggota TNI, Nurdin Abdullah 74,3%, Agus Arifin Nu'mang 72,7%, Akbar Faisal 70,5%, Ichsan Yasin Limpo 70,2%.
 
"Sementara jika ditanyakan siapa yang akan dipilih jika Pilgub Sulsel digelar hari ini, maka nama Nurdin Halid dipilih oleh 20,2% responden, lalu Rivai Ras dipilih oleh 18,2%, Agus Arifin Nu'mang 16,2%, Nurdin Abdullah 12,3%, Akbar Faisal 7,3%, Ichsan Yasin Limpo 7,2% dan yang tidak menjawab sebanyak 18,6%," tutupnya.
Reporter :
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 1205 Kali
Berita Terkait

0 Comments