Parlemen / DPRD Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 27/09/2017 14:45 WIB

DPRD: Bursa Kerja Tak Efektif Serap Pengangguran

bursa pencari kerja kabupaten bekasi
bursa pencari kerja kabupaten bekasi
CIKARANG_DAKTACOM: Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi Dede Iswandi mengkritisi minimnya penyerapan tenaga kerja lokal di perusahaan
 
Padahal Pemerintah Daerah sudah sering menyelenggarakan Job Fair namun tetap saja penyerapan tenaga kerja belum maksimal.
 
Dikatakan Dede setiap tahun angka kelulusan SMK dan SMA sederajat sebanyak 24 ribu orang namun yang terserap didunia kerja dan perfuguruan tinggi hanya 20 persen.  
 
Menurutnya, Job Fair itu tidak efektif dan hanya acara seremoni saja yang menghamburkan anggaran. 
 
"Yang lebih efektif untuk mengentaskan pengangguran yaitu dengan cara mengaktifkan kembali Bursa Kerja Khusus (BKK) yang dimiliki setiap SMK karena ini akan lebih jelas dan terarah," ujarnya pada Selasa (26/9).
 
BKK itu lebih tepat karena usia produktif yang mendaftar, juga dalam segi SDM link and Mach dengan dunia industri yang memang diperlukan sehingga daya saing tenaga akan kompetitif.
 
Dede menambahkan usia produktif di Kabupaten Bekasi banyak yang menganggur meski sudah ada Perda Ketenagakerjaan namun hanya secara Inplisit menitik beratkan kepada Perusahan untuk mengutamakan tenaga kerja lokal.
 
Selain BKK yang perlu dibenahi juga Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Kabupaten Bekasi karena selama ini hanya 'Kedok' saja yang didalamnya Outsorcing, padahal seharusnya LPK  memiliki pelatihan untuk calon tenaga kerja dan terdapat kurikulum serta guru pembimbing yang juga nantinya dipraktekan diperusahan.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 823 Kali
Berita Terkait

0 Comments