Nasional /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 23/09/2017 11:28 WIB

Gempa 4,1 SR Guncang Padang Lawas Utara

Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa

MEDAN_DAKTACOM: Gempa tektonik dengan kekuatan 4,1 skala Richter mengguncang Kabupaten Padang Lawas Utara, provinsi Sumatera Utara, Sabtu, pukul 08.41 WIB.

Kabid Data dan Imformasi BBMKG Wilayah 1 Medan, Syahnan di Medan, Sabtu, mengatakan, dari posisi episenter, gempa itu berada pada koordinat 1,53 derajat lintang utara dan 99,54 derajat bujur timur.

Sedangkan secara geografis posisinya berada di kawasan Aek Godang atau pada jarak 11 km arah barat daya dari Padang Lawas Utara dengan kedalaman 20 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa bumi itu dirasakan di kawasan Aekgodang dan sekitarnya dengan intensitas gempabumi II SIG-BMKG (III-IV MMI).

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa tersebut berada pada Zona Sesar Lokal di sekitar Segmen Angkola dengan karakteristik sinyal berupa gempa tektonik.

Pihaknya mengimbau masyarakat di sekitar wilayah Aek Godang dan sekitarnya untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab.

Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan pemerintah daerah dan BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempa susulan dari BMKG.

Editor : Dakta Administrator
Sumber : ANTARA News
- Dilihat 634 Kali
Berita Terkait

0 Comments