Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 19/09/2017 15:00 WIB

PAN: Perlu Juga G 30S/PKI Diputar Lagi

Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional PAN di DPR RI Yandri Susanto
Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional PAN di DPR RI Yandri Susanto
JAKARTA_DAKTACOM: Sekretaris F-PAN, Yandri Susanto menyetujui wacana diputarnya kembali film G30S/PKI sebagai pembelajaran sejarah kelam bangsa Indonesia.
 
"Bangsa Indonesia memang tidak boleh memberikan celah bagi kebangkitan paham Komunisme mengingat telah berulang kali mereka melakukan upaya pemberontakan untuk mengubah ideologi pancasila. Pada tahun 1927-28, 1948, dan puncaknya pada 1965," ungkap Yandri, Selasa (19/9).
 
Yandri mengatakan wacana nobar film G30S/PKI itu dalam rangka mengantisipasi upaya bangkitnya paham Komunisme.
 
"PKI dan Komunisme itu sudah bersifat final, bahwa hal itu terlarang di Indonesia dan dikuatkan oleh berbagai aturan mulai dari Tap MPRS, hingga UU KUHP yang jelas melarang penyebaran paham Komunisme-Marxisme. Ini tidak bisa ditawar lagi," tegasnya.
 
Selama masa pemerintahan Orde Baru, film Pengkhianatan G30S/PKI menjadi film wajib yang diputar di seluruh stasiun televisi nasional setiap malam 30 September.
 
Film yang berdurasi lebih dari 3 jam tersebut menceritakan secara gamblang bagaimana kekejaman pasukan Cakrabirawa dalam melakukan penculikan dan penyiksaan terhadap tujuh pahlawan revolusi di area Lubang Buaya. 
 
Sejak kejatuhan Orde Baru pada tahun 1998, film tersebut tidak ditayangkan lagi karena dianggap terlalu mengkultuskan sosok Soeharto.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1122 Kali
Berita Terkait

0 Comments