Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 06/09/2017 06:30 WIB

Kloter Perdana Haji Pulang ke Tanah Air

Kloter Perdana Haji Pulang ke Tanah Air
Kloter Perdana Haji Pulang ke Tanah Air
MAKKAH_DAKTACOM: Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali melepas kloter satu Embarkasi Medan (MES 01) dari Makkah menuju Jeddah. MES 01 menjadi kloter pertama yang akan terbang ke Tanah Air.
 
Seremonial pelepasan digelar di Hotel Rawabi Mina sektor enam (608) wilayah Syisyah, Makkah, jam 01.00 waktu Arab Saudi (WAS). Sebanyak 393 jemaah dilepas dengan pembacaan Basmalah. Mereka dijadwalkan akan terbang dari King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah pada pukul 11.00 WAS dan diperkirakan tiba di Medan pukul 23.35 WIB.
 
Nizar Ali dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas sukses penyelenggaraan haji 1438H, sejak dari tahap pemberangkatan, prosesi puncak haji, hingga pelepasan kloter pertama. Nizar mendoakan jemaah haji Indonesia mendapatkan haji mabrur dan balasan surga. Hal itu, menurutnya ditandai dengan adanya perubahan kehidupan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, baik dari sisi individual maupun social.
 
“Atas nama Kemenag serta jajaran lintas kementerian, saya menyampaikan terima kasih kepada jemaah yang telah tertib dan rapi, mematuhi ketentuan dan arahan petugas haji, baik kloter maupun non kloter. Ini juga yang menjadikan penyelenggaraan terlaksana dengan baik,” ujarnya di Syisyah-Makkah, Rabu (06/09).
 
Atas nama Kemenag, Nizar menyampaikan bahwa seluruh daya dan upaya sudah dikerahkan untuk melayani jemaah. Namun demikian, Nizar mengaku kalau masih ada sejumlah kekurangan. Catatan yang masuk antara lain terkait tenda Mina yang padat karena kembalinya kuota normal sementara jumlah tenda terbatas.
 
“Juga terkait konsumsi, akomodasi, dan transportasi, jika ada kekurangan, kami menyampaikan permohonan maaf,” tuturnya.
 
“Kita upayakan tahun depan bisa berjalan dengan baik dan semoga Allah selalu memberi bimbingan sehingga ke depan lebih baik lagi,” lanjutnya.
 
Kepada jemaah, Nizar berpesan agar tetap menjaga dan memelihara kemabruran haji ketika sampai di Tanah Air. Nizar juga mengajak jemaah untuk mendoakan kebaikan bagi umat muslim dunia, dan khususnya Rohingya.
 
“Selamat jalan, semoga perjalanan berjalan lancar, mudah, dan selamat sampai Tanah Air untuk berkumpul dengan keluarga,” tandasnya.
 
Hal sama disampaikan Dubes Indonesia di Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Menurutnya,  Pemerintah Saudi sudah mengumumkan bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan sukses.
 
“Catatan kekurangan, misal toilet terbatas, sudah dicatat, insya Allah ke depan diperbaiki,” katanya.
 
Mewakili jemaah, Wakil Walikota Medan Achyar Nasution menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. “Secara keseluruhan Alhamdulillah sampai saat ini belum ada kendala yang prinsipil. Berterima kasih kepada pemerintah Indonesia terutama Kemenag,” ucapnya.
 
“Sirkulasi di Jamarat berjalan dengan baik. Kami dapat di Mina Jadid. Tapi alhamdulillah karena semangat dan doa semua pihak, bisa melaksanakan ibadah dengan baik,” tutupnya.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1034 Kali
Berita Terkait

0 Comments