Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Senin, 28/08/2017 07:00 WIB

Komisi VIII Dukung Kemenag Tambah Kuota Petugas

Ketua Komisi VIII Ali Taher Parasong
Ketua Komisi VIII Ali Taher Parasong
MAKKAH_DAKTACOM: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap kuota haji tahun depan bisa bertambah, minimal 4000 orang. Harapan ini disampaikan Menag saat menggelar rapat dengan Tim Pengawas DPR RI Tahap II di Kantor Daker Makkah. 
 
Menurut Menag, kuota Indonesia untuk jemaah haji regular tahun ini mencapai 204ribu. Jumlah ini naik 48.800 jika dibandingkan dengan kuota jemaah haji reguler dalam empat tahun terakhir yang mengalami pemotongan 20% (155.200). 
 
Menag menilai, rasio penambahan jemaah ini tidak sebanding dengan penambahan petugas. Kalau saat dipotong, total petugas berjumlah 3.250 orang, kini setelah kembali normal dan bahkan bertambah sepuluh ribu jemaah, kuota petugasnya hanya menjadi 3500 orang.
 
“Tahun depan, kita berharap minimal ada 4000 petugas,” harap Menag, Minggu (27/08).
 
Harapan Menag ini direspon positif oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher. Menurutnya, rasio penambahan petugas tahun ini tidak sebanding dengan penambahan jumlah jemaah. 
 
“Kita support. Tahun depan kita berharap penambahan lebih bermakna sesuai tugas dan tanggung jawab yang dihadapi,” ujarnya.
 
Menurut Ali Taher, penambahan petugas perlu agar mereka tidak kelelahan karena beban tugas yang terlalu berat. Sebab, jemaah perlu dilayani dengan baik.
 
“Setelah ini kita akan langsung mengadakan rapat kerja untuk mempersiapkan agenda tahun 2018. Itu kita akan percepat, termasuk membicarakan mengenai penambahan petugas,” tandasnya.
 
Ditanya soal solusi penanganan jemaah haji Indonesia yang mayoritas lansia, Ali Taher kembali menegaskan komitmennya untuk menambah petugas, terutama petugas medis. Selain itu, dia juga akan menambah anggaran, serta obat dan sarpras kesehatan. 
Editor :
Sumber : Kemenag.go.id
- Dilihat 747 Kali
Berita Terkait

0 Comments