Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/08/2017 07:00 WIB

Mendagri: Hanya Perlu Penguatan Bukti Sebelum Bubarkan Ormas Lokal

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan kalau pihak pemerintah telah mengantungi sejumlah bukti adanya organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dnilai menyimpang dari ajaran Pancasila.

Ia menekankan kalau ormas yang sedang dicermati pemerintah hanya ormas kecil di tingkat lokal daerah. Pun bukanlah ormas keagamaan, seperti Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang telah resmi dibubarkan belum lama ini.

"Yang jelas bukan ormas keagamaan, hanya kecil-kecil saja di daerah, saya sudah minta gubernur/walikota (mencermati). Apapun ormas yang terdaftar atau tidak, kalau menyimpang dari pancasila harus dibubarkan," kata dia usai mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Senin (21/8).

Mendagri Tjahjo memang enggan menyebutkan berapa ormas tingkat daerah yang dalam proses kajian pemerintah. Ia hnya mengungkapkan kalau pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama jajara pemerintah daerah (Pemda) masih mengumpulkan bukti-bukti lebih banyak.

"Masih mengumpulkan bukti untuk menguatkan lagi sebelum menindak tegas ormas tersebut," tambah dia.

Menurut Tjahjo, tak mudah membubarkan suatu ormas kalau memang belum cukup bukti. Seperti HTI saja kemarin, pemerintah telah mencermati organisasi ini sejak lama, sekisar 10 tahun. Makanya, perlu data mendalam lagi untuk membubarkan ormas-ormas menyimpang lainnya.

Editor :
Sumber : Kemendagri.go.id
- Dilihat 971 Kali
Berita Terkait

0 Comments