Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Senin, 14/08/2017 15:00 WIB

ICMI : Kuota Haji Negara Lain Dapat Dimanfaatkan

Jimly Asshiddiqie
Jimly Asshiddiqie
JAKARTA_DAKTACOM: ICMI menyarankan Pemerintah Indonesia bersinergi dengan banyak negara yang tidak memanfaatkan kuota jamaah hajinya secara optimal. Itu dinilai merupakan upaya yang positif dan tidak menyalahi.
 
Pendapat tersebut dikemukakan Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie, Senin (14/8), menanggapi terungkapnya kembali kasus pemberangkatan haji ilegal asal Indonesia.
 
Sinergi dengan negara lain tersebut, ucap Jimly, misalnya dapat ditempuh pemerintah dengan membuat mekanisme lebih dulu yang nantinya untuk Asia Tenggara di bawah koordinasi Indonesia.
 
“Pemerintah Indonesia bisa membuat suatu mekanisme, jadi nanti Asia Tenggara, misalnya kita koordinir. Jadi jatah kuota haji Indonesia bisa diambil dari negara lain,” ujar Jimly.
 
Hal lain disoroti Jimly soal kuota haji adalah mengenai sikap Kementerian Agama yang sebenarnya bisa saja terbuka guna memanfaatkan peluang yang ada. Dengan begitu, kata Jimly, hasrat ibadah masyarakat Indonesia dapat terpenuhi.
 
“Pada prinsipnya orang ibadah itu harus dilayani atau dibantu. Jangan sampai merugikan orang yang mau ibadah. Padahal niatnya ibadah,” Jimly menuturkan.
 
Sebelumnya sebanyak 40 jamaah haji ilegal asal Indonesia berhasil digagalkan keberangkatannya oleh petugas imigrasi Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (10/8).
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1354 Kali
Berita Terkait

0 Comments