Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Senin, 14/08/2017 13:15 WIB

Ambisi PDIP Raih Kursi Gubernur Jabar 2018

Hasto PDIP
Hasto PDIP
JAKARTA_DAKTACOM: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum memutuskan sikap terkait tokoh yang dicalonkan pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya masih berambisi mengisi posisi calon gubernur.
 
"Tentu saja dalam perspektif yang ideal kami menargetkan posisi gubernur karena kami bisa maju sendiri. Tapi harapan dan keinginan politik kami dibatasi oleh kehendak rakyat," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Ahad kemarin (14/8).
 
Menurut Hasto, berdasarkan hasil survei internal, elektabilitas kader PDIP mengharuskan koalisi atau kerjasama dengan partai politik lain. Komunikasi politik pun dilakukan salah satunya dengan Partai Golkar.
 
Di kursi DPRD Jawa Barat, PDIP memiliki 20 kursi atau dengan kata lain bisa mencalonkan sendiri calonnya untuk Pilgub 2018. Di bawahnya bertengger Golkar yang memiliki 17 kursi DPRD.
 
"Keputusan belum diambil tapi dialog-dialog intens dengan Golkar kami akui memang kami lakukan, termasuk dengan bapak Dedi Mulyadi," kata dia.
 
Hasto mengakui, komunikasi antara PDIP dengan Dedi tersebut sudah dilakukan sejak lama. "Tapi apakah akan bermuara untuk ditetapkan sebagai calon gubernur, sampai saat ini belum kami putuskan," katanya. 
 
Hanya saja, Hasto memastikan bahwa partainya tidak akan mencalonkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur yang akan diusung.
 
Hal itu lantaran Emil, sapaan Ridwan Kamil, telah memutuskan maju sebagai calon gubernur, meski PDIP diakuinya telah berkomunikasi dengan Wali Kota Bandung tersebut.
 
"Maka kami tidak bisa untuk melanjutkan dialog-dialog bagi mereka yang telah memutuskan dirinya untuk menjadi calon gubernur tanpa melibatkan kami," kata dia.
 
Sebelumnya, Partai Golkar hampir dipastikan bakal berkoalisi dengan PDIP untuk mengusung Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di ajang Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.
 
Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengatakan keputusan soal koalisi dan calon pendamping Dedi di Pilgub Jawa Barat menunggu keputusan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.
 
Saat ini, PDIP telah mengajukan tiga nama calon pendamping Dedi, yakni TB Hasanuddin, Puti Guntur Soekarnoputri dan Bupati Majalengka Sutrisno.
Editor :
Sumber : CNN Indonesia
- Dilihat 966 Kali
Berita Terkait

0 Comments