Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Senin, 14/08/2017 11:00 WIB

Menkes Himbau Jamaah Haji Waspadai Mers-COV

Menkes Nila Moeloek
Menkes Nila Moeloek
JAKARTA_DAKTACOM: Menkes, Nila Moeloek mengingatkan seluruh jemaah haji untuk mewaspadai kemungkinan munculnya kembali penyakit Mers.
 
"Kami menyarankan para jemaah haji untuk memakai masker pelindung hidung dan mulut di tempat ramai, seperti Masjid Nabawi, Masjidil Haram dan tempat lainnya, serta mengikuti etika kesehatan dasar saat bersin atau batuk" imbau Nila dalam pers rilisnya, pada Senin (14/08).
 
Hal ini menanggapi pemberitaan di media massa terkait kabar yang menyebutkan adanya dua kasus baru penyebaran penyakit Mers yang menimpa ekspatriat wanita berusia 38 dan 42 tahun. Keduanya didiagnosis positif terinfeksi virus Mers di Dawmat Al-Jandal, Provinsi Al-Jouf beberapa ratus kilometer di sebelah utara Kota Mekkah.
 
Sementara itu, Kepala Pusat Kesehatan Haji Indonesia, dr. Eka Jusuf Singka, meminta kepada seluruh petugas kesehatan haji di Arab Saudi untuk mengoptimalkan upaya promotif dan preventif kepada jemaah haji yang sudah berada di Makkah maupun yang masih di Madinah.
 
"Para jamaah haji sebaiknya tidak berfoto-foto atau dekat-dekat dengan onta karena dicurigai sebagai medium penularan virus Corona yang menjadi penyebab penyakit Mers" ucapnya.
 
Namun hingga saat ini seluruh pasien jemaah haji Indonesia yang dirujuk ke RSAS belum ditemukan adanya indikasi terinfeksi virus Corona berdasarkan konfirmasi dari laboratorium.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 854 Kali
Berita Terkait

0 Comments