Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 12/08/2017 19:46 WIB

Jelang Pilgub Jabar, Deddy Mizwar Tetap Ungguli Survey

Wagub Jabar Deddy Mizwar 1
Wagub Jabar Deddy Mizwar 1
JAKARTA_DAKTACOM : Menjelang masa pemilihan kepala daerah Jawa Barat pada tahun 2018 mendatang, Fokus Survei Indonesia (FSI) melakukan survei terhadap para tokoh yang masuk dalam bursa calon Gubernur.
 
Direktur Executive FSI, Andi Muhammadyah menyampaikan, para tokoh yang berhasil dihimpun dalam survei ini adalah Wakil Gubernur Petahana Deddy Mizwar, Walikota Bandung Ridwan Kamil, dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.
 
Selain itu, ada pula Anggota DPR RI Dede Yusuf, Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, Istri Gubernur Jawa Barat Dua Periode Netty Prasetyani Heryawan, Anggota DPR RI Rieke Dyah Pitaloka, dan Ketua Kadin Jawa Barat Agung Suryamal.
 
"Fokus Survei Indonesia melakukan survei menjelang 10 bulan Pilgub Jabar untuk mengukur Popularitas, Integritas, Akseptabilitas, Kapabilitas serta Elektabilitas para tokoh yang paling layak memimpin Jawa Barat 2018-2023 menurut penilaian masyarakat Jawa Barat," kata Andi dalam keterangan persnya, Sabtu (12/8).
 
Andi menjelaskan, survei ini dilakukan dengan menggunakan populasi warga Jawa Barat yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 dan yang mempunyai hak pilih dalam pemilu Presiden 2014.
 
"Populasi sebanyak 33.045.101 pemilih dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 2178 responden. Dengan margin of error plus minus 2,1% pada tingkat kepercayaan 95%," sebutnya.
 
Dalam survey mengenai kinerja pemerintah provinsi Jawa Barat, Andi mengatakan, survei FSI menemukan bahwa 79,4% masyarakat Jawa Barat puas dengan kinerja dan pelayanan pemerintah Jawa Barat.
 
"Lalu 10,7% diantaranya kurang puas dengan kinerja Pemprov Jawa Barat dan 9,9% tidak puas dengan pelayanan Pemprov Jawa Barat," lanjutnya.
 
Kemudian, mengenai hasil survei tokoh yang paling dikenal masyarakat Jawa Barat, Deddy Mizwar meraih angka tertinggi dengan tingkat popularitas 93,7%, disusul dengan artis yang juga anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka dengan tingkat popularitas 85,1%. Selanjutnya, Dede Yusuf dengan popularitas 81,7%. Sementara, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menempati posisi 4 dalam tingkat kepopuleran sebesar 67,9%, dan Walikota Bandung Ridwan Kamil di posisi terakhir dengan 64,7%.
 
"Sementara hasil survey untuk tingkat integritas yang dilakukan FSI kepada masyarakat Jawa Barat memperoleh hasil sebesar 87,9% mempercayai Deddy Mizwar sebagai tokoh yang mempunyai Integritas. Selanjutnya disusul dengan Dedi Mulyadi dengani 81,2%. Kemudian Rieke Diah Pitaloka dipercaya masyarakat Jawa Barat sebanyak 72,3%. Selanjutnya ada nama Iwa Karniwa yang secara mengejutkan dengan 64,3% melewati Ridwan Kamil yang hanya mendapat 63,2% kepercayaan masyarakat" papar Andi.
 
Dalam temuan survei tentang penerimaan para tokoh (akseptabilitas) di mata masyarakat Jawa Barat, Deddy Mizwar hampir bisa diterima oleh masyarakat dengan total 90,1% responden. Disusul Dede Yusuf dengan 79,5%, Rieke Diah Pitaloka dengan 79,3%, dan Dedi Mulyadi mendapat 78,7%.
 
"FSI juga melakukan survei soal elektabilitas para tokoh di masyarakat Jawa Barat, dan diperoleh hasil bahwa 39,4% responden memilih Deddy Mizwar mempunyai elektabilitas tertinggi dengan alasan yang dominan bahwa pemeran Naga Bonar ini dianggap bisa memimpin Jawa Barat dengan baik. Urutan kedua diraih oleh Dedi Mulyadi yang dipilih 13,3%, disusul dengan Rieke Diah Pitaloka dengan 10,7%. Kemudian Ridwan Kamil yang sempat melejit namanya melalui pemberitaan media, ternyata hanya dipilih sebanyak 6,2% responden. Dalam hal ini juga ada 11,6% masyarakat yang belum memilih" pungkasnya.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 123 Kali
Berita Terkait

0 Comments