Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 11/08/2017 17:30 WIB

Menag Prihatin Meningkatnya Angka Perceraian dan Kekerasan Rumah Tangga

menag
menag
JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, angka perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga di Indonesia terus meningkat dan memprihatinkan.
 
“Jumlahnya terus berubah, sangat dinamis, tentu angka-angkanya saya tidak hafal, tapi grafiknya terus meningkat,” ujarnya dalam jumpa pers usai membuka acara Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Fungsi Agama dalam Pembangunan Nasional di Hotel Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta, Jumat (11/08).
 
Meningkatnya angka perceraian, menurut Menag, karena sebagian generasi muda bangsa saat ini cenderung menganggap bahwa pernikahan itu sesuatu yang biasa-biasa saja.
 
“Seperti kita transaksi jual beli di pasar gitu, kalau kita suka cocok harganya, oke, kita transaksi, nanti kalau misalnya suatu saat bosen, enggak suka, ya sudah, berpisah, ganti yang lain,” imbuhnya mencontohkan kecenderungan itu.
 
“Terlihatnya hilangnya sakralitas kesucian dari lembaga perkawinan itu, pernikahan itu,” tambahnya.
 
Padahal, jelasnya, semua agama apalagi Islam jelas mengatakan pernikahan adalah peristiwa suci dan peristiwa sakral, yang harus betul-betul dimaknai dengan baik, sehingga harus tetap terjaga selamanya.
 
“Kita amat sangat prihatin bahwa angka perceraian di kita saat ini angkanya terus bertambah naik, kekerasan dalam rumah tangga pun juga grafiknya terus naik,” ujar Menag dalam sambutannya sebelum membuka Rakor tersebut.
 
Rakor gelaran Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag tersebut mengangkat tema “Serap Aspirasi Bimbingan Masyarakat Islam”. Berlangsung pada Kamis-Sabtu (10-12/08/2017), diikuti ratusan Kepala Kantor Wilayah Kemenag dari berbagai daerah se-Indonesia, pimpinan/perwakilan ormas Islam dan tokoh masyarakat, akademisi, serta perwakilan berbagai media.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : hidayatullah.com
- Dilihat 103 Kali
Berita Terkait

0 Comments