Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 09/08/2017 14:15 WIB

Soal Ekonomi RI, JK: Sudah Timpang, Miskin Lagi

Wakil Presiden Jusuf Kalla 1
Wakil Presiden Jusuf Kalla 1
JAKARTA_DAKTACOM: Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK), menilai ketimpangan menjadi salah satu pekerjaan rumah terberat di bidang ekonomi. Menurutnya, masalah ketimpangan di Indonesia semakin rumit karena dikombinasi dengan kemiskinan.
 
"Kita di Indonesia juga ketimpangan, tapi ketimpangan antara miskin dan kaya. Jadi kita timpang, miskin lagi. Itu hal yang tentu harus menjadi perhatian kita walaupun saya sedikit agak risih berbicara kemiskinan di tengah ruang yang indah ini," kata JK di acara Indonesia Development Forum (IDF) di Hotel Westin, Jakarta, Rabu (9/8).
 
JK mengatakan, negara sekelas Amerika Serikat (AS) pun juga mengalami ketimpangan yang tinggi, tapi penduduknya terbilang makmur secara ekonomi.
 
"Berbicara ketimpangan tentu bisa kita lihat dari berbeda sisi. Di Amerika juga selalu terkenal 1% lawan 99%. Artinya ketimpangan juga luar biasa. Tetapi dia timpang dalam kemakmuran," ucap JK.
 
Menurut dia, selalu jadi bahasan di pengambil kebijakan terkait mana yang lebih mendesak antara pemerataan dulu atau peningkatan kemakmuran namun tak merata, atau keduanya dilakukan secara bersamaan. 
 
"Selalu terjadi pembicaraan, makmur dulu baru adil atau sejalan adil dan makmur itu. Ini tidak mudah menyelesaikan suatu prioritas seperti ini. Apakah kue dibesarkan dulu baru dibagi, atau langsung dibagi kuenya. Ini banyak teori tentunya, karena tidak mungkin dibagi tanpa ada kue yang besar," jelas JK.
Editor :
Sumber : Detik.com
- Dilihat 1270 Kali
Berita Terkait

0 Comments