Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 09/08/2017 08:30 WIB

BNN: Indonesia Target Pasar Narkoba Terbesar

Anti Narkoba
Anti Narkoba
JAKARTA_DAKTACOM: Kepala BNN, Budi Waseso menyebut Indonesia masih menjadi pangsa pasar narkoba internasional terbesar. 
 
"Masalahnya adalah keadaan geografis Indonesia yang terdiri atas sejumlah kepulauan ini memudahkan mereka untuk menyelundupkan barang haram tersebut melalui pelabuhan-pelabuhan tikus," ungkap pria yang akrab disapa Buwas ini pada Rabu (09/08).
 
Selain itu, Buwas mengatakan pemahaman masyarakat tentang narkotika masih minim sehingga mereka dimanfaatkan sebagai target pasar oleh para bandar narkoba, terutama kaum muda.
 
"Kita masih kurang peduli atas peredaran narkoba yang semakin masif ini, lebih parahnya lagi, kaum muda kita menganggap penggunaan narkoba adalah sebuah tren. Hal ini jelas dimanfaatkan betul oleh para pengedar," paparnya.
 
Dari data BNN, jumlah pecandu narkotika yang direhabilitasi pada tahun 2016 mencapai angka 42.429 orang. Sedangkan untuk awal Januari-Juni 2017 telah direhabilitasi sebanyak 16.185 orang pecandu.
 
Sementara dari 512 jenis narkoba yang ada dikenal di dunia, kurang lebih sebanyak 54 jenis di antaranya sudah masuk ke Indonesia, namun baru 43 jenis diantaranya yang sudah masuk dalam data Kementerian Kesehatan.
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 169 Kali
Berita Terkait

0 Comments