Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 06/08/2017 18:00 WIB

Bappenas: Dana Haji Fokus Dulu Dalam Instrumen Keuangan

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas Bambang Brodjonegoro
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas Bambang Brodjonegoro

JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, investasi (dana haji)  itu bisa langsung ke project infrastruktur, bisa melalui instrumen keuangan.

“Saran kami dalam tahap awal ini kita fokus dulu dalam instrumen keuangan yaitu sukuk untuk pembiayaan proyek insfrastruktur,” ujar Bambang usai diskusi Forum Merdeka Barat 8 yang mengulas dana haji di Jakarta, Sabtu (05/08).

“Nah untuk menjaga agar sukuknya itu tidak bermasalah di kemudian hari, maka kita pilih proyek infrastruktur yang aman, proyek infrastruktur yang aman itu salah satunya adalah pembangkit listrik yang sudah mempunyai  perjanjian jual beli listrik dengan PLN, kemudian jalan tol di kota-kota besar, demikian juga bandara-bandara atau pelabuhan besar, itu juga sarana investasi yang relatif aman, tapi yang paling penting adalah itu dimoderasi melalui penerbitan sukuk untuk pembiayaan proyek yang bersangkutan tadi,” ujar Bambang.

Dalam kesempatan sama, Menag kembali menegaskan, prinsipnya adalah bahwa apap un bentuk investasi yang akan dilakukan terhadap dana haji, itu harus mengikuti prinsip-prinsip dasar yang diatur UU seperti, syariah, penuh kehati-hatian, aman, likuiditasnya juga baik.

“Dan yang tidak kalah pentingya adalah nilai manfaat itu harus kembali ke jamaah haji itu sendiri atau untuk kemaslahatan umat yang lebih luas,” kata Menag.

Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Kemenag.go.id
- Dilihat 143 Kali
Berita Terkait

0 Comments